Sabtu, 09 Maret 2013

Perspektif Pragmatik

Berikut rangkuman yang telah saya dapat di semester 3 tentang teori pragmatik:


Perspektif Pragmatik / Behaviour / Competence Model
Perspektif ini menekankan pada manajemen interaksi (interactive management), menunjukkan pada kualitas yang seimbang guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Confidence
Kepercayaan pada apa yang dibicarakan, karena mempunyai keterampilan, kemampuan dan kepercayaan sosial. Diyakini oleh komunikan, sehingga ia dapat terbuka terhadap komunikator. Berikut cara mengsugesti orang lain :
1. Ambil inisiatif pengenalan dan memulai topik pembicaraan.
2. Ajukan pertanyaan pembuka dan penutup yang melibatkan orang lain berinteraksi lebih lanjut.
3. Pernyataan bahwa anda menaruh perhatian padanya.
Immediacy

Kesediaan untuk berkomunikasi (mau mendengar dan berbicara) dengan bahasa verbal maupun non verbal. dengan :
·         menyebutkan nama
·         menggunakan istilah yang menyangkut keduanya “kami”
·         feed back yang relevan menunjukan hubungan
·         pemusatan perhatian pada pembicara
·         menguatkan, menghargai, melengkapi pembicaraan lawan bicara
·         evaluasi melalui keterangan diri
·         menunjukan pada proksemik : jarak yang dekat/akrab
·         kinesik : perilaku lemah lembut/sopan
·         wajah dengan senyuman kecil
·         artifaktual dengan penampilan yang mengesankan
·         -paralinguistik : tanpa bicara (dengan anggukan kepala), dialek dan interaksi.
Interactions Management : menunjukan kualitas yang seimbang, pergantian fungsi, sehingga tujuan tercapai.
Ekspresiveness : menggunakan lambang-lambang verbal dan non verbal dalam berinteraksi.
Other Orientation : memperhatikan pendapat orang lain, kita terima dengan sopan sehingga kita tahu motivasi orang tersebut yang menjadi lawan bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar